Rabu, 12 Agustus 2015

Cara Mudah Pasang Spoiler

Rear Spoiler atau pada beberapa mobil disebut Wing spoiler awalnya diciptakan untuk alasan aerodinamis. Spoiler belakang yang terdapat pada beberapa mobil awalnya memang didisain untuk memberi tekanan kebawah yang berasal dari tekanan hembusan angin. dengan memberikan tekanan kebawah pada kecepatan tinggi akan menambah traksi roda belakang ke landasan dan hal ini sangat membantu aerodinamis sebuah mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi.


Namun seiring dengan berjalannya waktu, fungsi spoiler tidak hanya untuk aerodinamis, tetapi juga berfungsi ekstetika dan kamuflase bentuk body belakang atau bagian roof. Fungsi ini lebih menekankan pada keindahan disain spoiler untuk menambah kesan atraktif atau menyamarkan bentuk ekor yang terlalu monoton. Dapat juga digunakan untuk mengkamuflase agar mobil terlihat lebih panjang, lebih kekar, dan menutupi faktor kekurangan disain pada body mobil secara keseluruhan.


Pada aliran modif ALTO, spoiler juga berfungsi untuk protector atau guard yang melindungi kaca belakang dari benturan benda asing saat beradventue di alam bebas.

Berikut adalah cara pasang spoiler, saya aplikasinak untuk mobil #datsungo plus type T


  1. Tempelkan spoiler pada bagian atas pintu bagasi.
  2. Tandai dengan menggunakan spidol, jika body #datsungo Anda warna hitam gunakan tipe-x
  3. Lubangi body dengan menggunakan mata bor seukuran sekrup 10mm. Jika tidak ada bor karena body #datsungo terlalu tipis Anda bisa gunakan ujung gunting untuk melubangi body.
  4. Haluskan bekas ujung lubangnya dengan mengunakan gerinda runcing dan kertas gosok
  5. Olesi pinggiran lubang dengan cat untuk menutup permukaan pelat yang terbuka agar terhindari dari pemicu karat besi.
  6. Tambahkan dengan menyemprot caritan anti karat jika diperlukan.
  7. Tempelkan perekat double tape pada ujung-ujung spoiler yang akan kontak langsung dengan body #datsungo
  8. Atur arah kabel stop lamp kedalam celah pintu agar tidak terlihat dari belakang maupun samping.
  9. Tempelkan spoiler pada bagian atas pintu sesuai posisi yang tepat dan sekrup di kedua ujungnya
  10. Jika spoiler sudah tertempel sempurna, tutup sekrup dengan penutup lubang spoiler yang telah disediakan, gunakan lem atau dauble tape sebagai perekatnya.




Catatan:
Sebenarnya spoiler ini ditempel dengan double tape yang berkualitas saja sudah cukup karena disain yang presisi sesuai buatan pabrik accesories yang dipesan langsung oleh produsen mobil. Pengunaan 2 buah baut ukuran 10mm hanya untuk lebih meyakinkan bahwa spoiler tidak akan lepas saat digunakan dan terkena efek jalan tidak rata.

Tidak perlu takut atau ragu melubangi body, karena mobil-mobil baru pemasangan spoilernya oleh pabrik juga dengan tehnik dilubangi. Kaena biasanya untuk kelas mobil-mobil murah semua accesories OEM seperti spoiler dan bumper guard diproduksi oleh pabrik accesories dalam negeri atas pesanan khusus dari pabrik mobil.

Spoiler khusus type T Options oleh bagian spare part dealer dijual dengan harga sekitar 1,1jt belum termasuk ongkus pasang. Namun jika membelinya langsung ke toko distribotor yang menyalurkan langsung dari pabrik accesories harganya bisa jauh lebih murah. Barangnya nyaris sama, hanya beda pada kwalitas cat yang perlu di poles ulang dan warna stop lamp clear (bukan merah seperti bawaan T Options) untuk pemesanan spoiler bisa hubungi via BBM di PIN 53f073d2

Maaf jika foto-foto kurang jelas, karena pemasangan malam hari.

4 komentar:

  1. Sangat kreatif....dan terlihat elegan. Saya Salut..
    Apa ada yang jual Jok All New Avanza (toko atau bengkel??) Untuk mengganti jok datsun tersebut ?. Saya tertarik untuk coba ganti jok seperti anda.

    Terimakasih dan salam hangat...

    BalasHapus
  2. Keren dantsunya tante, itu pernya di pendekin apa engga ya?

    BalasHapus
  3. please share videonya gan. biar lebih jelas. thanks

    BalasHapus
  4. Gan jok trngah nya punya avanzanya tingal dipssang ajak atau dihilangkan besi bawahnya? I mohon bimbinganya

    BalasHapus