Jumat, 14 Juni 2019

Anda pilih Rush atau Terios?

Generasi Pertama

Sebelum menentukan pilihan, mari kita simak dulu sejarahnya. Daihatsu Terios pertama kali diperkenalkan di Indonesia denagn nama Taruna, merupakan produk dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor untuk segmen mini SUV yang sempat kosong dan secara market menggantikan Daihatsu Feroza atau versi dieselnya dikenal dengan nama Daihatsu Taft GT. Mulai diperkenalkan pada tahun 1999, dibuat berdasarkan platform dan body Daihatsu Terios generasi pertama, PT. Astra Daihatsu Motor mengganti mesin seri K3 (1300 cc) dengan tipe HE/ HD (1500 - 1600 cc), menambah jarak sumbu roda mobil menjadi dua ukuran, mengkonversi drivetrain dengan parts milik Daihatsu Feroza, dan mengubah tampilan mobil sebagian besar di bagian depan mobil seperti lampu utama, gril, dan bemper depan. Taruna tidak dilengkapi seat belt bangku belakang, Airbag, dan ABS seperti Daihatsu Terios generasi pertama versi pasar Jepang. Terios generasi pertama produksinya dihentikan pada akhir tahun 2006 dengan model terakhirnya "Oxxy", yang berupa minor change dari model sebelumnya.

Generasi Kedua

Daihatsu Terios generasi kedua diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah Jepang, dengan nama Daihatsu Be‣go berjenis short wheelbase.

Menurut referensi, Toyota Rush melanjutkan Toyota Kijang short wheelbase tipe Rangga yang telah discontinued karena Toyota Rush sendiri memiliki mesin yang sama seperti Toyota Avanza 1.5 sedangkan Avanza sendiri adalah kelanjutan dari Toyota Kijang short wheelbase. Tapi berdasarkan pendapat saya referensi ini tidaklah sepenuhnya benar. Karena lini produk kijang yang bermesin 2.000cc Petrol dan 2.500cc Diesel edisi terakhir 2004 dilanjutkan oleh oleh Innova yang masuk dalam kelas Medium MPV. Sedangkan Avanza/Xenia adalah Low MPV dan Terios/Rush adalah small/mini SUV yang hanya bermesin 1.500cc layaknya Low MPV lainnya. Biar bagaimanapun juga kelas Avanza/Xenia dan Rush/Terios tetap dibawah kelas kijang, dari segi kapasitas mesin, body, harga, dan segmentasi pasar. Karena Rush/Terios ini mengusung baiss mesin yan gsama seperti Avanza S 1.5 namun menggunakan ukuran ban yang lebih besar maka dapat dipastikan akselerasinya tidak akan agresif, dan berdsarkan pengalaman pribadi menggunakan Rush lintas Sumatera ditanjakan cenderung lemas.

Generasi Ketiga
Lebih gagah mana foto atas atau bawah?
Warna Grill piano black dan desain velg Rush menurut saya keren, ditambah logo toyota di tengah grill membuatnya sangat bernilai.

Daihatsu Terios generasi ketiga dan Toyota Rush generasi kedua diperkenalkan dan diluncurkan pada tanggal 23 November 2017 di Jakarta. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, desain mobil kini terkesan lebih panjang. Sekarang pintu belakang membuka ke atas bukan ke kanan dan tidak lagi memiliki ban cadangan yang dipasang di pintu belakang. Kedua mobil tersebut dijual dalam versi sasis panjang saja. Kedua mobil tersebut menggunakan mesin 1.5L 2NR-VE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua.

Tabel perbandingan dimensi

Dari data di atas terlihat bahwa Rush/Terios terbaru memiliki body lebih panjang daripada generasi sebelumnya. Tapi anehnya, justru lebih sempit 50mm dari generasi sebelumnya. Saya semakin terkejut ketika membandingkan dengan kelas Low MPV yaitu Xpander dan All New Ertiga. Rush Terios ternyata lebih pendek 40mm, dan lebih sempit 55mm dibanding Xpander. Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan All New Ertiga juga lebih pendek 35mm, dan lebih sempit 40mm. Dari sini saya semakin bertanya tanya, mengapa Small MPV dari Dua Astra ini justru lebih kecil dimensinya jika dibandingkan dengan Low MPV dari brand kompetitor. Say tidak membandingkan tingginya, karena tidak elok menbandingkan tinggi Mini SUV  dengan Low MPV. Karena tinggi Small SUV didapat dari ground clearance yang memang didesain lebih tinggi dari Low MPV. Tidak kalah menarik perhatian bagi saya, ternyata wheel base antara Rush/Terios G3 dengan G2 sama. Apa ini berarti Rush/Terios baru masih menggunakan basis rangka yang sama dengan generasi sebelumnya? Mohon bantu koreksi jika data saya salah.

Apa perbedaan Rush dan Terios?

Eksterior
  1. Bagian depan pada grill Rush berwarna black piano yang terlihat segar dan milenial, sedangkan Terios berwarna dominan chrome khas mobil grade tinggi pada tahun 2000an awal.
  2. Pada bagian rumah fog lamp Rush TRDs menggunakan plastik berwarna hitam unfinish yang terkesan sporty sesuai selera anak muda , sedangkan Terios kembali dilapis chrome semakin menguatkan mobil pada jaman tahun 2000an awal yang banyak disukai kalangan orang tua.
  3. Pembedanya lagi pada patern velg yang pada Rush didesain lebih gagah, sedangkan pada Terios karena merupakan spec down dari Rush maka desainya terkesan lebih sederhana.
Emblem kecil di tengah steering wheel adalah faktor dominan yang mempengaruhi tingakt pede saat mengenggam dan mengendarai mobil ini.

Interior
  1. Emblem di tengah steering wheel yang pada Rush membuat lebih bernilai, karena seperti kita ketahui brand Toyota memiliki sederet type mobil mobil dengan segmen menengah atas disamping juga tetap menyediakan type entry level seperti Daihatsu.
  2. Motif jok juga menjadi pembeda antara keduanya, pada Rush jok dibalut fabric dengan motif lebih sporty dan berani.
  3. Fitur lain ada yang dikurangi antara lain Airbag, jika Pada Rush sudah dilengkapi 6 buah airbag maka pada Terios menjadi dual airbag saja. Mungkin kedepanya akan ada type Terios dengan fitur yang sama dengan Rush, namun diri sisi kelengkapan secara keseluruhan tetap ada yang berkurang untuk menekan harga. Hal ini karena Terios adalah pilihan alternatif dari Rush dari faktor harga, Terios tidak boleh lebih mahal dari Rush.
Kesimpulan:
Anda pilih mana Terios atau Rush?

Jawabanya tergantung budget masing masing. Jika Anda type yang tidak terlalu pede dengan logo brand kelas dua dan mempunyai budget lebih maka Rush menjadi pilihan. Tetapi jika Anda kurang mempedulikan brand dan berorientasi pada fungsi dangan faktor budget menjadi penentu maka Terios layak menjadi pilihan. Keduanya bagus karena sama sama dibawah Astra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar