Rabu, 12 Juni 2019

Apa yang terjadi saat Innova VVTi diisi DEX?

Pagi ini saya menerima telefon dari teman, sebut saja namanya Herman. Detail pembicaraan kami panjang lebar, tetapi intinya Herman panik saat berkonsultasi atas problem yang sedang dialami dengan mobil Innova yang dipinjam dari kerabatnya untuk perjalanan keluar kota. Herman mengatakan mobil yang dikendarainya tiba tiba mogok tanpa sebab, kronologisnya abis isi DEX di SPBU , setelah berjalan sekitar 500 meter mobilnya tersendat lalu mesin mati. Dicoba di starter suaranya kasar dan sulit hidup.

Sepertinya kamu salah ini bahan bakar Bro... Coba dipastikan yang sedang kamu bawa ini Innova D4D atau VVTi.


Untuk temanku Herman, tetap tenang. Solsinya sudah saya berikan melalui pembicaraan telefon. Saya akan sekalian share di posting kali ini tentang langkah darurat yang harus segera diambil ketika mengalami hal ini. 

Analisa
Mesin bensin atau di Amerika disebut gasoline, dan di Inggros disebut Petrol adalah type low compression. Rata-rata, perbandingan kompresinya hanya sepertiga dari mesin diesel. Butuh bahan bakar high explosive agar terjadi proses pembakaran di ruang bakar. Karakter high explosive ini didapatkan dari bahan bakar dengan perbandingan nilai oktan tertentu seperti pada Premium, Pertalite, Pertamax, atau Shell V-Power.

Jika DEX atau bahan bakar diesel lainnya yang masuk kedalam tangki kurang dari 20% dari bensin yang tersisa, maka efeknya tak akan terasa. Hanya akan terjadi gejala knocking. Tapi jika mayoritas tangki bahan bakar terisi DEX, maka mesin akan mati. Karena solar termasuk jenis bahan bakar low explosive, sehingga percikan api dari busi tidak akan mampu membakar BBM yang masuk dalam mesin.

Tindakan
  1. Jika mogok di jalan non tol mobil bisa didorong dalam kondisi mesin mati ke tempat yang aman, jika terjadi di tol terpaksa harus di towing dan ini tentu menimbuklan biaya.
  2. Setelah sampai di tempat aman sebelum memulai pekerjaan, lepaskan kutup aki.
  3. Lakukan pengurasan pada tangki, lihat prosedur pengurasan pada link berikut.
  4. Atau lakukan kuras tangki dengan cara mudah yaitu dengan memasukkan selang ke dalam tangki sampai kedasar kemudian menyedotnya. Untuk memudahkan trik ini mobil harus didongkrak pada posisi kiri agar posisi tangki lebih tinggi.
  5. Isi kembali tangki yang telah dikuras dengan Premium, Pertalite, atau Pertamax.
  6. Jangan langsung menghidukan mesin, sabar. Kuras dulu filter bensinnya.
  7. Buang keluar semua sisa bahan bakar keluar di selang saluran bensin, jika ada tukang tambal ban terdekat bisa pinjam kompresornya untuk mebersihkan selang selang.
  8. Pasang kembali kutup aki dan starter mobil, pertama tama mungkin agak susah hidup karena sisa DEX yang masih tertahan pada saluran bahan bakar dan bensin masih dalam proses naik terpompa oleh pompa bensin menuju selang selang.
  9. Secara teoritis bensin mempunyai berat jenis yang rendah (0,60 sampai 0,78), sedangkan Solar berat jenisnya lebih tinggi yaitu 0,82 – 0,87. Jadi dalam kondisi ideal, yang akan terhisap duluan oleh pompa bensin adalah sisa solar yang masih ada di dalam tangki. Hal itu pula yang menyebabkan untuk proses start up awal mesin akan sulit hidup.
  10. Setelah hidup tahan pada putaran konstan sekitar 2.000 RPM sampai putaran mesin stabil.
  11. Jika tidak mau repot, cukup bawa kebengkel terdekat. Biaya kuras tangki sekitar 300K (belum termasuk kerugian DEX yang sudah bercampur bensin dan harus dibuang.
Innova Diesel Engine

Innova Petrol Engine (Gasoline)

Review
Lalu bagaimana jika kondisinya terbalik. Anda salam mengisi Premium, Pertalite, atau Pertamax pada mobil bermesin diesel?

Mesin diesel adalah type high compression, pada Innova diesel generasi 1 kompresinya 18,5:1. Kandungan di dalam bahan bakar diesel, salah satunya adalah oli yang berfungsi untuk membantu pelumasan di dalam injection pump. Apabila mesin diesel dipaksa minum bensin maka akan berakibat fatal. Artinya, memasukkan bahan bakar yang mudah meledak ke dalam mesin berkompresi tinggi. Menyebabkan pembakaran dini atau biasa disebut knocking. Kerusakan pada spare part vital seperti Piston, liner, dan blok silinder tidak dapat dihindari.

Mungkin mobil tidak akan sampai mogok seperti case di atas, bahkan bisa membuat tarikan mesin lebih ringan. Tapi, karena tidak ada pelumas di dalam bahan bakar, menyebabkan panas berlebihan yang berdampak overheating. Bila  ini sampai terjadi,  maka perbaikannya sampai harus turun mesin dan menghabiskan budget yang tidak sedikit (Siapkan 15-25 jt). Saran saya jika Anda mengalaminya, jangan menghidupkan mesin. Lebih aman mobil ditowing menuju bengkel terdekat untuk dilakukan kuras tangki dan membersihkan saluran bahan bakranya.

Prevention measures
Semua orang tentu tidak ingin mengalami hal ini. Saya akan bagikan tip tentang bagaimana cara mendeteksi mobil yang sedang Anda kendarai ini bermesin Diesel atau Gasoline. Seperti case yang dialami Herman, saya ambil contoh pada Innova.

Innova Diesel Engine
Innova Petrol Engine (Gasoline)

Body (tampilan luar)
  1. Innova Diesel ada emblem D4D di bagian belakang fender depan dekat pintu
  2. Innova Petroleum ada emblem VVTi di bagian belakang fender depan dekat pintu
  3. Innova Diesel ada emblem 2.5 atau 2.4 di bagian pintu bagasi sebelah kanan
  4. Innova Petroleum ada emblem 2.0 di bagian pintu bagasi sebelah kanan
Di dalam kabin
  1. Innova D4D suara (noise) domin dari arah mesin (pada RPM tertentu)
  2. Innova VVTi noise dominan dari arah knalpot (pada RPM tertentu)
  3. Innova D4D getaran lebih tinggi saat engine start up atau mematikan mesin.
  4. Innova D4D pada speedometer terdapat glow plug indicator, mesin VVTi tidak ada.
Pada saat membuka cover bahan bakar
Innova Diesel terdapat sticker DIESEL di bagian dalam cover bahan bakar, pada Innova Bensin ada yang bertulis Unleaded fuel only.

Pada saat membuka kap mesin
  1. Bentuk mesinnya jelas beda, paling nyata terdapat embos bertuliskan VVTi pada cover cylinder head pada Innova Petroleum.
  2. Pada Innova Diesel type V terdapat cover bertuliskan D4D di bagian depan intake manifold.
  3. Paling nyata ada turbo yang terlihat menonjol pada mesin Innova Diesel.
Diatas adalah ciri ciri yang dapat dipelajari untuk mengetahui jenis mesin pada Innova. Tip ini saya bagikan untuk pemula. Untuk pengguna mobil yang sudah terbiasa pastinya telinga dan perasaannya sudah peka dengan karekter mesin pada saat mengemudi. Pesan saya, saat meminjamkan mobil Innova kepada orang lain yang belum terbiasa menggunakan Innova ingatkan mereka tentang jenis mesinnya. Harapannya pada saat mengisi bahan bakar di SPBU mereka tidak salah isi sehingga meninimalkan resiko.

Terima kasih sudah membaca.

1 komentar:

  1. Best Online Casinos with Real Money Games at ChoEgocasino
    ChoEgocasino is a trusted online 인카지노 gambling site for over a decade. Established in 1999, it has been 메리트카지노 creating a rich, respected and secure online choegocasino casino. Learn more.

    BalasHapus