Jumat, 09 Juni 2017

Mengganti Baterai Reemote CR2032 3 Volts



Bagi yang datGOnya sudah berumur diatas 1 tahun, pasti akan ngalami baterai habis ketika akan membuka pintu mobil menggunakan reemote. Akhirnya Anda terpaksa membuka pintu secara manual dengan kunci. Dan pada saat Anda mencoba mencalakan mesin pastinya alarm berbunyi meraung raung dan bisa menjadi pusat perhatian.

Jika hal tersebut terjadi apa yang harus Anda lakukan?

Wajib dilakukan adalah segera mengganti baterai reemote dan menonaktifkan alarm dari reemote. Namun kendalanya biasanya tidak semua dari kita mempunyai baterai cadangan di mobil.


  1. Maka yang biasa saya lakukan adalah membuka kap mesin kemudian mencabut soket kabel ke arah klakson. Masalah selesai (sementara) mobil dapat digunakan menuju toko jam terdekat untuk beli baterai. Namun pda kondisi tersebut lampu hazard masih menyala sehingga menyulitkan pada saat Anda akan belok karena lampu sein akan dikacaukan oleh hazard yang terus menyala.
  2. Langkah kedua pergi ke toko jam naik mobil lain, atau paling gampang naik grab sementara mobil tetap parkir dirumah. Namun jika kondisi abis baterai ini terjadi di tempat umum maka harus lebih berhati-hati karena meninggalkan mobil di parkiran umum tentunya beresiko.
  3. Atau coba langkah ketiga ini (saya sendiri belum pernah mencoba) yaitu dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Lalu masukan anak kunci ke lubang starter. Kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membacanya langsung pada web sumbernya.


Silahkan Anda pilih cara 1 sampai 3 tergantung dari situasi pada saat kondisi tersebut terjadi.

Cara Mengganti Baterai Reemote datGo

  1. Beli baterai jam ukuran/type CR2032 3 Volts
  2. Buka cover reemote dengan melonggarkan 4 baut dengan screwdriver (obeng) + berukuran kecil.
  3. Setelah Cover terbuka lepaskan baterai lama dari rangkaian
  4. Langkah selanjutnya memasang baterai baru seperti urutan foto di bawah ini.





Setelah baterai terpsang, silahkan Anda rangkai kembali cover reemote dan reemote siap digunakan.


Untuk menghindari kehabisan baterai reemote seperti kondisi di atas, ada baiknya Anda kenali kondisi baterai yang sudah mulai lemah. Pada kondisi ini Anda dapat mengganti baterai tersebut pada saat reemote masih berfungsi sehingga tidak sampai reemote mati sama sekali. Ciri-ciri baterai reemote mulai lemah adalah sebagai berikut:

  1. Reemote tidak spontan
  2. Reaksi lemah, kadang harus dipencet beberpa kali baru berreaksi.
  3. Jarak jangkauan menurun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar