Cara memasang jok All New Xenia/Avanza pada kabin datGO
Kwalitas jok OEM datGO ini kerterlaluan kwalitasnya. Sampai sliding handle tidak dilapisi dengan karet atau plastik. Benar benar besi 6mm yang dipotong kasar dan terkesan unfinish.
Pertama kali menggunakan mobil ini, saya merasa tidak nyaman dengan bentuk joknya. Jok standar datGO benar benar dibawah ekspektasi saya. Beberapa hal yang sangat menganggu adalah:
- Jok depan yang menyatu membuat kabin yang sudah sempit terasa makin sempit
- Head rest yang menyatu tidak bisa disesuaikan ketinggiannya dengan postur tubuh pengendara
- Jok row dua yang tidak bisa dilipat 50:50 atau 60:40 sangat menganggu.
- Jok row 2 tidak bisa dilipat kedepan menyulitkan akses ke jok row tiga.
- Jok row dua dan row tiga tidak dilengkapi adjustable headrest.
- Fabrics berbahan sangat kasar dengan motif dan warna yang tidak biasa.
Silahkan baca juga kwalitas jok datGO pada posting saya yang lainnya. Karena saya sudah membedah sampai ke bagian dalam jok mobil ini. Jadi ada fakta berupa foto foto yang mendukung opini saya dalam tulisan ini.
Warna jok beige, lebih sesuai dengan warna interior secara keseluruhan dari pada jok OEM datGO
Space antara jok kanan dan kiri sengaja saya biarkan kosong, ini berfungsi untuk jalan lewat buat anak anak jika ingin berpindah dari jok depan ke jok row dua. Layout ini sama seperti pada honda freed, letak shifter yang menempel di dashboard membuatnya terlihat lapang. Meskipun tidak bisa selapang interior freed, tetapi cukup fungsional untuk aktifitas harian.
Meskipun pemasangan jok mengandalkan plat adaptor, hasilnya tetap terlihat rapi.
Cara pasangannya cukup mudah, tapi sebelum membahas cara pasang saya akan memberikan tip memilih jok untuk datGO
- Pilih warna jok yang sesuai dengan warna interior datGO
- Pilih jok yang diLengkapi adjustable head rest untuk ekstetika dan keamanan
- Pilih jok yang disainnya slim dan dimensi yang sesuai dengan lebar dan tinggi kabin datGO
- Gunakan jok yang sudah dilengkapi sistem peliputan individual untuk row 2 dan terdapat tuas sliding agar lebih mudah dalam pengaturannya
- Sebagai contoh saya menggunakan jok All New Xenia/Avanza tahun 2012-2013 awal karena disainya slim dan dimensinya sesuai.
Jika jok row 3 dalam kondisi terlipat ruang bagasi sangat lega, bahkan paling lega di kelasnya.
Masing masing jok sudah dilengkapi dengan adjustable head rest, memberi keamanan dan kenyamanan lebih saat di perjalanan.
Jok row 2 bisa dilipat 50:50 sangat memudahkan akses ke jok row 3
Sebelum memasang jok baru, langkah pertama adalah mengeluarkan jok bawaan datGO, berikutnya lakukan hal sebagai berikut
Jok depan
- Tetap gunakan lubang baut yang ada, hindari melakukan pengeboran.
- Contoh untuk jok pengemudi, baut kaki jok baru depan-kanan dengan lubang baut yang ada.
- Baut kaki jok depan-kiri dengan menggunakan adaptor dari plat 3mm. Jika ragu membuat adaptor gunakan mal dari bahan kertas karton dan buat adaptor dari plat di tukang las.
- Untuk baut kaki belakang kanan dan kiri juga menggunakan adaptor dari plat besi 3mm.
- Untuk jok depan-kiri caranya sama seperti memasang jok depan-kanan.
Jok row 2
- Pada jok row 2 pertama lepas semua kaki jok baru karena bentuk kakinya sama sekali berbeda dengan datGO
- Buatkan rangka kaki jok dengan menggunakan pipa hollow dengan terlebih dahulu membuat mal dari kertas karton
- Disain rangka kakinya sederhana saja, cukup berbentuk kotak persegi panjang dengan beberapa lubang baut yang disesuaikan dengan lubang baut di lantai mobil. Lihat sketsa yang saya buat pada Gambar 7 di bawah.
- Minta bantuan tukang las atau tukang pagar untuk membuat rangka ini. Saya membuat rangka ini di tukang las dengan biaya 120rb sudah termasuk pengecatan.
- Jika rangka kaki jok sudah jadi tinggal pasang, pemasangannya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.
- Perlengkapan tambahan yang harus dibeli adalah 2 buah pengunci jok Yamaha Vega (Atau jelis lain juga bisa), engsel yang kokoh, baut dan ring secukupnya sesuai kebutuhan.
- Untuk 4 baut yang digunakan untuk membaut frame ke plat lantai cukup gunakan baut standar bekas baut jok. Perlu baut tambahan hanya untuk membaut engsel ke jok. Engsel ke frame bisa dipasang dengan las titik.
- Agak tricky adalah proses pemasangan pengunci ke rangka jok, saya menggunakan las titik karena posisinya tidak memingkinkan dibaut. Tidak masalah melakukan pengelasan/pengeboran ke rangka jok Xenia/Avanza dan frame asal jangan melakukan pengelasan/pengeboran ke body atau plat lantai.
Gambar 7 (Desain Frame dibawah jok row2)
Teknik pemasangan kok depan dan jok row dua ini sama sekali tidak ada pengelasan/pengeboran pada lantai mobil. Hanya memanfaatkan plat adaptor dan baut baut dari lubang yang sudah tersedia di lantai mobil.
Setelah kaki jok terpasang dengan bantuan plat adaptor, bisa ditutupi dengan karpet standar segingga terlihat tetap rapi.
Pemasangan adaptor dengan plat besi 3mm cukup rapi karena plat dicat sewarna body dan tertutup kaki jok. Jika menginginkan pemasangan tanpa adaptor bisa dengan menukar kaki jok Xania dengan kaki jok asli datGo, tetapi harus dipasang dengan teknik las yang artinya mengorbankan cat asli pada rangka jok bagian bawah. Kelemahan lain adalah jika ingin mengembalikan jok asli harus mengulang metode ganti kaki menggunakan las. Saya pilih metode pemasangan jok ini dengan metode yang paling sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Namun demikian kerapian tetap terjaga dan tidak perlu melubangi lantai dengan bor untuk pemasangan baut, semua baut terpasang menggunakan lubang baut yang sudah ada.
Pengukuran yang presisi menghasilkan pemasangan yang rapi seperti standar pabrik
Proporsi jok ini pas, masih menyisakan space di kanan kirinya dan ketinggianya tetap menyisakan head room yang lega untuk orang dewasa.
Posisi bratket (rangka kaki) pada jok row 2 sangat rapi, sehingga pada saat jok row3 dilepaspun tetap tidak terlihat dari belakang.
Jok Row 3
Adjustable headrest adalah hal sederhana yang berperan besar untuk keamanan dan sangat membantu tampilan secara dari segi ekstetika
Saya belum menemukan ukuran jok yang bisa masuk ke dalam kabin belakang datGO. Area jok row tiga ini paling sempit dibanding mobil lain. Akhirnya saya putuskan tetap menggunakan jok OEM datGO dengan menambahkan adjustable head rest agar lebih terlihat manusiawi dan aman. Saya pilih head rest row dua Avanza 2013. Cara pasangannya dengan membuka fabric (kain pelapis jok) dan memasang pipa tambahan pada bagian dalam jok yang saya ikat dengan rangka jok standar. Hasilnya cukup fungsional dan yang panting aman digunakan saat perjalanan. PR selanjutnya tinggal mengganti fabric jok row tiga agar sewarna dengan jok lainnya.
Langkah selanjutnya mengganti fabric dengan yang sewarna head rest.
Tambahan adjustable headrest ini sangat perlu dilakukan untuk jok datGO, karena selain fungsi juga mempercantik tampilan jok secara keseluruhan. Meskipun pada row 3 hanya bisa diduduki anak anak, namun sangat perlu perlengkapan standar yang menunjang keamanan.
Ganti jok depan & tengah new avanza total habis brp, mas?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapushabis berapa duit itu om modif jok datsun, ane tertarik nih
BalasHapusini all new avanza tahun berapa ya joknya ?
BalasHapus