Sabtu, 14 November 2015

Sebuah Ide yang belum Terealisasikan

Sejak awal melihat disain kisi kisi AC pada datGO saya merasa ada yang aneh. Entah kenapa kombinasi dua bulatan di tengah tersebut terasa kurang pas dihati. Ditambah lagi keberadaan console HU yang terbatas hanya bisa dipasang single din sangat tidak relefan dengan kebutuhan estetika dan fungsi car entertaimen saat ini. Berawal dari kegelisaha hati yang lama terpendam tersebut, saya mencoba membuat disain untuk menjawab kebutuhan dan meperbaiki tampilan console HU secara keseluruhan. Terinspirasi dari APV Arena dan New Grand Livina yang mengaplikasi kisi kisi AC bulat pada bagian pinggir dan kotak pada bagian tengah sangat manis dan selaras dengan bentuk HU tampak menyatu dengan indah.


Panel Console HU dan AC New Grand Livina


Berikut ini adalah tampilan datGO setelah disain kisi kisi AC dimodifikasi. Selain tampil lebih baik layaknya midle MPV juga lebih fungsional dan bisa mengaplikasi HU 2din atau touch screen tampa merubah posisi knob AC. Dengan perubahan tersebut letak switch lampu hazard bisa dipindahkan ke bagian kiri knob volume AC yang sebelumnya hanya kosong tak berfungsi.

Cara pembuatan panel console HU dan AC ini sebenarnya tidak sulit. Hanya butuh bantuan bengkel custom yang biasa mengerjakan accessories dari bahan fiber atau plastik ABS. Instalasinya juga cukup mudah, hanya dengan memindahkan switch hazard ke sebelah kiri knob AC, menggeser lubang AC bagian dalam untuk memberi sedikit ruang tambahan untuk HU 2din, mengatur lubang ac bagian dalam dan menghubungkannya dengan kisi kisi baru model kotak.

Panel Console HU dan AC original

Disain Panel Console HU dan AC modifikasi mengaplikasi kisi kisi AC milik New Grand Livina.

Bagi yang sudah mengganti jok datGO dengan model single seater yang terpisah kanan dan kiri bisa juga mengaplikasi console box milik New Grand Livina. Selain berfungsi sebagai console box, bisa juga untuk arm rest, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk dauble blower AC bagi penumpang yang duduk pada jok baris kedua dan ketiga.


Cara instalasinya juga cukup mudah, tinggal sediakan console box yang sesuai dengan space yang ada kemudian memasang kisi kisi AC yang sesuai. Membuat saluran selang ac dari unit blower AC di bagian dalam dash board menuju console box baru tersebut. Untuk blowernya bisa central dari depan dan bisa juga ditambahkan kipas (blower) didalam console box tersebut dan ditambahkan dengan knob volume pada bagian atas console. Knob volume AC tambahan selain berfungsi mengatur kecepatan hembusan angin juga bisa berfungsi secara estetika untuk memperindah tampilan interior datGO.

Selagi saya belum sempat mewujudkan ide tersebut di atas karena keterbatasan waktu, jika ada teman teman pengguna datGO menginginkan untuk merealisasikan ide tersebut pada datGO milik teman teman saya persilahkan dan jika kesulitan saya tidak keberatan untuk sharing bersama. Semoga Ide yang belum terealisasi ini bisa menginspirasi.

priority 53f073d2

Rabu, 11 November 2015

Menghapus jejak LCGC di kabin datGO plus

Cara memasang jok All New Xenia/Avanza pada kabin datGO

Kwalitas jok OEM datGO ini kerterlaluan kwalitasnya. Sampai sliding handle tidak dilapisi dengan karet atau plastik. Benar benar besi 6mm yang dipotong kasar dan terkesan unfinish.

Pertama kali menggunakan mobil ini, saya merasa tidak nyaman dengan bentuk joknya. Jok standar datGO benar benar dibawah ekspektasi saya. Beberapa hal yang sangat menganggu adalah:
  1. Jok depan yang menyatu membuat kabin yang sudah sempit terasa makin sempit
  2. Head rest yang menyatu tidak bisa disesuaikan ketinggiannya dengan postur tubuh pengendara
  3. Jok row dua yang tidak bisa dilipat 50:50 atau 60:40 sangat menganggu.
  4. Jok row 2 tidak bisa dilipat kedepan menyulitkan akses ke jok row tiga.
  5. Jok row dua dan row tiga tidak dilengkapi adjustable headrest.
  6. Fabrics berbahan sangat kasar dengan motif dan warna yang tidak biasa.
Silahkan baca juga kwalitas jok datGO pada posting saya yang lainnya. Karena saya sudah membedah sampai ke bagian dalam jok mobil ini. Jadi ada fakta berupa foto foto yang mendukung opini saya dalam tulisan ini.

Warna jok beige, lebih sesuai dengan warna interior secara keseluruhan dari pada jok OEM datGO

Space antara jok kanan dan kiri sengaja saya biarkan kosong, ini berfungsi untuk jalan lewat buat anak anak jika ingin berpindah dari jok depan ke jok row dua. Layout ini sama seperti pada honda freed, letak shifter yang menempel di dashboard membuatnya terlihat lapang. Meskipun tidak bisa selapang interior freed, tetapi cukup fungsional untuk aktifitas harian.

Meskipun pemasangan jok mengandalkan plat adaptor, hasilnya tetap terlihat rapi.

Cara pasangannya cukup mudah, tapi sebelum membahas cara pasang saya akan memberikan tip memilih jok untuk datGO
  1. Pilih warna jok yang sesuai dengan warna interior datGO
  2. Pilih jok yang diLengkapi adjustable head rest untuk ekstetika dan keamanan
  3. Pilih jok yang disainnya slim dan dimensi yang sesuai dengan lebar dan tinggi kabin datGO
  4. Gunakan jok yang sudah dilengkapi sistem peliputan individual untuk row 2 dan terdapat tuas sliding agar lebih mudah dalam pengaturannya
  5. Sebagai contoh saya menggunakan jok All New Xenia/Avanza tahun 2012-2013 awal karena disainya slim dan dimensinya sesuai.
Jika jok row 3 dalam kondisi terlipat ruang bagasi sangat lega, bahkan paling lega di kelasnya.

Masing masing jok sudah dilengkapi dengan adjustable head rest, memberi keamanan dan kenyamanan lebih saat di perjalanan.

Jok row 2 bisa dilipat 50:50 sangat memudahkan akses ke jok row 3

Sebelum memasang jok baru, langkah pertama adalah mengeluarkan jok bawaan datGO, berikutnya lakukan hal sebagai berikut

Jok depan
  1. Tetap gunakan lubang baut yang ada, hindari melakukan pengeboran.
  2. Contoh untuk jok pengemudi, baut kaki jok baru depan-kanan dengan lubang baut yang ada.
  3. Baut kaki jok depan-kiri dengan menggunakan adaptor dari plat 3mm. Jika ragu membuat adaptor gunakan mal dari bahan kertas karton dan buat adaptor dari plat di tukang las.
  4. Untuk baut kaki belakang kanan dan kiri juga menggunakan adaptor dari plat besi 3mm.
  5. Untuk jok depan-kiri caranya sama seperti memasang jok depan-kanan.
Jok row 2
  1. Pada jok row 2 pertama lepas semua kaki jok baru karena bentuk kakinya sama sekali berbeda dengan datGO
  2. Buatkan rangka kaki jok dengan menggunakan pipa hollow dengan terlebih dahulu membuat mal dari kertas karton
  3. Disain rangka kakinya sederhana saja, cukup berbentuk kotak persegi panjang dengan beberapa lubang baut yang disesuaikan dengan lubang baut di lantai mobil. Lihat sketsa yang saya buat pada Gambar 7 di bawah.
  4. Minta bantuan tukang las atau tukang pagar untuk membuat rangka ini. Saya membuat rangka ini di tukang las dengan biaya 120rb sudah termasuk pengecatan.
  5. Jika rangka kaki jok sudah jadi tinggal pasang, pemasangannya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.
  6. Perlengkapan tambahan yang harus dibeli adalah 2 buah pengunci jok Yamaha Vega (Atau jelis lain juga bisa), engsel yang kokoh, baut dan ring secukupnya sesuai kebutuhan.
  7. Untuk 4 baut yang digunakan untuk membaut frame ke plat lantai cukup gunakan baut standar bekas baut jok. Perlu baut tambahan hanya untuk membaut engsel ke jok. Engsel ke frame bisa dipasang dengan las titik.
  8. Agak tricky adalah proses pemasangan pengunci ke rangka jok, saya menggunakan las titik karena posisinya tidak memingkinkan dibaut. Tidak masalah melakukan pengelasan/pengeboran ke rangka jok Xenia/Avanza dan frame asal jangan melakukan pengelasan/pengeboran ke body atau plat lantai.
Gambar 7 (Desain Frame dibawah jok row2)

Teknik pemasangan kok depan dan jok row dua ini sama sekali tidak ada pengelasan/pengeboran pada lantai mobil. Hanya memanfaatkan plat adaptor dan baut baut dari lubang yang sudah tersedia di lantai mobil.

Setelah kaki jok terpasang dengan bantuan plat adaptor, bisa ditutupi dengan karpet standar segingga terlihat tetap rapi.

Pemasangan adaptor dengan plat besi 3mm cukup rapi karena plat dicat sewarna body dan tertutup kaki jok. Jika menginginkan pemasangan tanpa adaptor bisa dengan menukar kaki jok Xania dengan kaki jok asli datGo, tetapi harus dipasang dengan teknik las yang artinya mengorbankan cat asli pada rangka jok bagian bawah. Kelemahan lain adalah jika ingin mengembalikan jok asli harus mengulang metode ganti kaki menggunakan las. Saya pilih metode pemasangan jok ini dengan metode yang paling sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Namun demikian kerapian tetap terjaga dan tidak perlu melubangi lantai dengan bor untuk pemasangan baut, semua baut terpasang menggunakan lubang baut yang sudah ada.

Pengukuran yang presisi menghasilkan pemasangan yang rapi seperti standar pabrik

Proporsi jok ini pas, masih menyisakan space di kanan kirinya dan ketinggianya tetap menyisakan head room yang lega untuk orang dewasa.

Posisi bratket (rangka kaki) pada jok row 2 sangat rapi, sehingga pada saat jok row3 dilepaspun tetap tidak terlihat dari belakang.

Jok Row 3

Adjustable headrest adalah hal sederhana yang berperan besar untuk keamanan dan sangat membantu tampilan secara dari segi ekstetika

Saya belum menemukan ukuran jok yang bisa masuk ke dalam kabin belakang datGO. Area jok row tiga ini paling sempit dibanding mobil lain. Akhirnya saya putuskan tetap menggunakan jok OEM datGO dengan menambahkan adjustable head rest agar lebih terlihat manusiawi dan aman. Saya pilih head rest row dua Avanza 2013. Cara pasangannya dengan membuka fabric (kain pelapis jok) dan memasang pipa tambahan pada bagian dalam jok yang saya ikat dengan rangka jok standar. Hasilnya cukup fungsional dan yang panting aman digunakan saat perjalanan. PR selanjutnya tinggal mengganti fabric jok row tiga agar sewarna dengan jok lainnya.

Langkah selanjutnya mengganti fabric dengan yang sewarna head rest.

Tambahan adjustable headrest ini sangat perlu dilakukan untuk jok datGO, karena selain fungsi juga mempercantik tampilan jok secara keseluruhan. Meskipun pada row 3 hanya bisa diduduki anak anak, namun sangat perlu perlengkapan standar yang menunjang keamanan.

Selasa, 10 November 2015

Ini Beneran apa Hoax?






Cara membuka pintu mobil yang kunci dan reemotenya ketinggalan di dalam kabin.
  1. Pertama, teleponlah orang yang ada dirumah tempat dimana kunci kontak cadangan dan remote berada, tentunya dengan menggunakan hape, bukan lewat telepon kantor atau telepon rumah
  2. Kedua, setelah dipastikan kunci kontak remotenya ditemukan, gantian orang yang dirumah tadi balik menelpon, ingat! menelponnya juga dengan menggunakan hape
  3. Ketiga, selanjutnya setelah orang tersebut menelpon balik dan dipastikan masuk dan dapat diterima dengan jelas, lalu dekat Hape pada sensor kunci kontak remote dikendaraan (tempelkan didekat kaca mobil depan dekat sopir)
  4. Keempat, setelah Hape sudah didekatkan pada sensor kunci kontak (ditempelkan dikaca depan dekat sopir) lalu orang tersebut disuruh menempelkan kunci kontak pada hape lalu menekan tombol “BUKA” yang ada dikunci mobil remote, atau yang ada lambang "GEMBOK TERBUKA”
  5. Tentunya akan menimbulkan pertanyaan, kok bisa ya dari jarak jauh, kendaraan yang terkunci bisa terbuka, ternyata semuanya bermula pada sinyal hape dari penelefon yang menghantarkan kepada sensor di kendaraan. Kalau semua point di atas dilaksanakan dengan benar, pintu kendaraan Anda akan terbuka, sebab kami telah mencoba ide tersebut dan berhasil.

Mudah-mudahan tip cara membuka pintu mobil yang kuncinya ketinggalan didalam kendaraan tanpa merusak aksesoris ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba

Lihat sumber berita klik di sini

Komentar: 
Kunci mobil dengan remote atau RKE (Remote Keyless Entry) beroperasi dengan mengirimkan sinyal dalam gelombang radio, bukan gelombang suara (dari speaker handphone). Lagipula frekwensi yang digunakan antara 300 s/d 500 MHz, sementara handphone minimal harus 800 Mhz ke atas.

Lihat sumber berita klik di sini

Senin, 09 November 2015

Cara Aman Jumper Mobil

Bukan cuma cewe, mobil kadang juga suka ngambek. Terutama klo si mobil jarang disentuh. Pengalaman waktu keluar pulau bulan lalu ninggalin ini mobil sebulan di parkiran kantor, begitu balik lagi ke kantor battery sudah habis tak bernyawa. Terus gimana cara ngidupinnya klo si mobil ngambek? Cara mudahnya sih didorong tapi tidak aman dan jika caranya salah berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian lain yang berhubungan, lebih baik (1)battery diturunkan lalu dicharge, (2)distart pake battery baru, atau (3)dijumper dengan mobil lain.

Foto Batrery Datsun Go+ tahun 2014, mobil sudah 4 tahun tapi masih terjaga kebersihannya sampai ke ruang mesin.

Cara Jumper battery yang Benar dan Aman Pertama pastikan kabel jumper dan tangan Anda dalam posisi kering lalu ikuti langkah2 di bawah ini:

Pastikan mobil yang mogok tidak menyalakan apapun (lampu, AC, tape, dsb).
  1. Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) battery mobil yang soak.
  2. Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) battery mobil yang baik.
  3. Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) battery yang baik.
  4. Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka mobil yang mogok jauh dari posisi battery.
  5. Nyalakan mesin mobil yang battery-nya baik sekitar 30 detik.
  6. Kemudian nyalakan mesin mobil yang battery-nya soak.
  7. Setelah mesin sudah menyala, lepas hubungan kabel kebalikan dari langkah di atas.
Mengapa kabel negatif (-) dihubungkan ke body/frame mobil yang battery-nya soak dan harus jauh dari battery itu sendiri? Karena accu yang soak mengeluarkan gas yang mudah terbakar, gas tersebut bisa tersulut oleh kontak (percik api) ketika kabel negatif (-) dipasang dekat dengan battery.

Pengalaman melakukan jumper start pada Datsun GO+, mobil yang batterynya soak langsung bisa distarter pada saat kedua kabel dihubungkan dan mobil yang batterynya baik dihidupkan. Namun pada saat melakukan jumper start pada Innova Diesel Matic mobil yang batterynya soak tidak dapat langsung distarter pada saat kedua kabel dihubungkan dan mobil yang batterynya baik dihidupkan mesinnya. Butuh waktu bebrapa menit sampai battery mobil yang soak terisi baru bisa distarter.

Foto proses jumper start pada Innova VVTi ke Innova D4D AT.

Kondisi ruang mesin terjagaselalu bersih, meskipun mobil sudah berumur 10 tahun.

Selamat mencoba… Jika ragu lebih baik minta bantuan mechanic yang telah berpengalaman.