Kali ini saya akan mengulas mobil mobil jaman dulu yang legend dan diproduksi kembali dengan ciri khas masa lalunya tetap dipertahankan. Mobil jenis ini secara disain tetap konsisten dan tidak malu melekatkan nuansa masa lalu pada garis desain jaman now. Dalam pembahasan kali ini saya akan bagi menjadi 2 kategory sebagai berikut:
- The legend has been reborn. Mobil masa lalu yang sudah lama discontinue, tapi diproduksi kembali dengan tetap mempertahankan nunsa kejayaan masa lalu.
- Consistent with the initial design. Mobil masa lalu yang desain bodynya tetap dipertahankan sampai dengan saat ini.
Toyota FJ40 - Kategori 1
Fokus pada bentuk head lamp, grill, hard top putih, dan kaca melengkung di sudut belakang
Toyota Land Cruiser FJ40 dikembangkan oleh Toyota sejak tahun 1951 dan baru mulai diproduksi tahun 1954. Mobil ini sudah dibuat dalam berbagai bentuk, di antaranya dalam bentuk konvertibel, hardtop, station wagon, dan truk serbaguna. Land Cruiser terkenal dengan ketangguhannya di medan berat, dengan type body short wheel base sangat mendukung mobilitas di medan extreme. Pada versi 1981 mesin diesel diganti menjadi 3.4L Tipe 3B dan mendapat rem cakram untuk roda depan. Dan edisi terakhir 1983 FJ40 diimpor Toyota dari Jepang dan dipasarkan sampai tahun 1985 sampai akhirnya discontinue. Versi selanjutnya sudah berubah bentuk menjadi Long wheel base SUV seperti Land Cruiser Turbo yang kita kenal sampai sekarang.
FJ Cruiser
Fokus pada bentuk head lamp, grill, hard top putih, dan kaca melengkung di sudut belakang
Mulai diproduksi dari tahun 2006 untuk model tahun 2007, FJ Cruiser dibuat di pabrik truk Hino di Jepang. Menggunakan platform Land Cruiser Prado, FJ Cruiser lebih besar dari SUV berukuran kompak lainnya seperti Toyota RAV4. Mesin yang digunakan oleh FJ Cruiser adalah 1GR-FE 4000 cc V6. Seperti Land Cruiser FJ40, FJ Cruiser hadir dengan lampu depan bulat, emblem "TOYOTA" di grille, jendela melengkung di pilar belakang, atap hardtop berwarna putih, dan ban serep di pintu belakang. Toyota pelan-pelan mematikan mobil ini di berbagai belahan dunia. Setelah dihentikan produksi pada 2014 di Amerika, kini Toyota menghentikan produksi di Australia. Toyota akan menghentikan produksi FJ Cruiser per Agustus 2016.
Suzuki Jimny (SJ410) - Kategori 1
Suzuki Jimny merupakan kendaraan SUV (4WD) yang diproduksi oleh perusahaan Jepang, Suzuki sejak tahun 1968 untuk pasaran global. Suzuki Jimny pertama kali diluncurkan tahun 1968 dengan kendaraan 2 pintu. Mobil ini dirakit di Hamamatsu, Jepang dan Linares, Jaén, Spanyol.
Jimny generasi 2, versi custom dengan perubahan pada grill, bumper, dan over vender.
Di Indonesia, Suzuki Jimny generasi kedua mulai dipasarkan pertama kali pada tahun 1982 dan pernah dipasarkan sebagai Suzuki Katana (2WD) yang diproduksi di pabrik Suzuki Indomobil Motor di Bekasi pada tahun 1988 hingga 2005. Pada tahun 2004, muncul Suzuki Caribian yang merupakan versi double cabin dari Suzuki Jimny generasi kedua dan dijual secara CBU dari Thailand.
Pada bulan Agustus 2017, Suzuki Indomobil Motor resmi memasarkan Suzuki Jimny generasi ketiga yang dijual secara CBU dari Jepang dalam jumlah 88 unit saja.
Jimny generasi 4, grill, head lamp, dan bumper meskipun didesain dengan lebih modern tetapi tetap menyiratkan bentuk body tahun 80an diperkuat dengan detail body dan dimensi yang melahirkan kembali Jimny generasi 2.
Suzuki Jimny generasi keempat diluncurkan di Jepang pada tanggal 5 Juli 2018. Setelah Jimny generasi kedua discontinue pada tahun 1984, platform body yang ada sempat digunakan untuk prosuksi Katana dengan konsep mobil perkotaan berpenggerak 2WD. Saat ini Jimny telah kembali melahirkan Jimny generasi kedua yang legendaris. Meskipun dengan bentuk yang lebih modern, tetapi nuansa masa lalu tetap dipertahankan dengan dimensi dan garis body yang sangat mirip dengan Jimny generasi kedua.
Jeep CJ (Wrangler) - Kategori 2
Fokus pada bentuk head lamp, 7 lisi kisi grill vertikal, dan fender depan
Bermula pada tahun 1973, semua Jeep CJ dilengkapi dengan mesin V-8 304-kubik inci atau 360-kubik inci yang dibuat dari AMC. Ciri khas model Renegade adalah mesin V8 304 kubik inci (5 liter), rangkaian poros penggerak yang kukuh, velg logam campuran, dan diferensial belakang minim selip dari Trac-Lok.
Fokus pada bentuk head lamp, 7 lisi kisi grill vertikal, dan fender depan
Varian Wrangler Sport 2-Door hadir dengan mesin Petrol 1998 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 269 hp dan torsi puncak 400 Nm. Wrangler Sport 2-Door berkapasitas 4 penupang dibekali juga dengan transmisi 8-Speed Automatic. Secara umum, layout body masih dipertahankan sejak tahun 70an, meskipun disesain ulang dalam bentuk yang lebih modern.
Land Rover Defender - Kategori 2
Sejarah Defender di diawali dari keberadaan Land Rover 90 dan Land Rover 110 diperkenalkan pada 1983. Angka 90 dan 110 itu mewakili ukuran wheelbase yang diukur dengan inci. Dan, angka itu menandakan model jip Land Rover, Land Rover 90 (short chassis), dan Land Rover 110 (long chassis). Land Rover 90 dan Land Rover 110 menggantikan Land Rover Serie III (1971-1985). Produksi Land Rover 90 dan Land Rover 110 diakhiri pada 1990 dan digantikan dengan Land Rover Defender.
Defender tetap mempertahankan body tahun 80an dengan ciri khas layout head lamp sein dan lampu senja pada satu panel kotak di kanan kiri grill. Bentuk bumper minimalis dari dulu tetap dipertahankan. Paling iconic adalah panel kaca kecil yang memanjang pada bagian atap kanan kiri. Hampir sekujur body dari Defender generasi terbaru ini tetap mempertahankan bentuk lamanya, termasuk bentuk pintu belakang yang berada di tengah. Masih kental dengan nuansa masa lalu bentuk lekukan body yang melengkung di bagian atas fender dari depan sampai belakang, dan juga dua fentilasi udara di bagan bawah kaca depan.
Mercedezs Benz G-Class - Kategori 2
G Class 1979
Perubahan besar pertama diperkenalkan pada tahun 1981, termasuk transmisi otomatis, AC, tangki bahan bakar tambahan, kisi-kisi headlamp pelindung dan winch kabel. Injeksi bahan bakar menjadi tersedia pada tahun 1982, ketika 230 GE diperkenalkan di Turin, bersama dengan kursi depan yang lebih nyaman dan suportif, pemanasan tambahan, ban yang lebih lebar, dan flare fender. Untuk 1985, terdapat diferensial lock, cenral lock, dan takometer menjadi standar dan pada tahun 1986 lebih dari 50.000 Model G telah diproduksi.
Mercedes Benz G350d 2018
Chassis direvisi secara signifikan untuk pada produksi tahun 1990, dan menghasilkan 463 G-Class baru. Dilengkapi dengan rem anti-lock, 4WD dan trio of electric locking differentials. Interiornya benar-benar ditingkatkan, finishing dengan aksen kayu dan pelapis kulit opsional. G-Class 463 memiliki pilihan mesin yang lebih besar, dengan model V8 pertama, mewah 500 GE, muncul untuk menjalankan produksi dua tahun terbatas pada 1993. 500 GE menggunakan mesin M117, transmisi otomatis empat kecepatan, dan , khususnya untuk G-Wagen, hanya datang dengan dua lock diferensial . Setir direvisi untuk model tahun 1993. G-Class 463 mulai menggunakan skema penamaan huruf pertama Mercedes-Benz pada tahun 1994, serta revisi steering wheel yang mengaplikasi airbag pengemudi.
G-Class bisa jadi merupakan mobil paling konsisten dengan desain bodynya. Lihat saja bentuk body dari generasi 1979 sampai dengan 2018 masih tetap sama. Hanya ada minor change pada body dan perubahan aksesoris menjadi lebih modern. Secara layout body masih tetap sama dengan pada saat pertama kali doproduksi.
Produksi VW Kodok Generasi 1 berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Mobil ini memiliki nama julukan yang berbeda-beda pada setiap negara, namanya biasanya berupa istilah yang mencoba menggambarkan bentuknya yang unik: Käfer di Jerman; Sedan, lalu Fusca di Brasil; Coccinelle di Prancis; Σκαθάρι (Scathari yang berarti kumbang) atau Σκαραβαίος (Scaraveos yang berarti kumbang jenis Scarabaeidae) di Yunani; Maggiolino di Italia; Sedán atau Vocho di Meksiko; Kever di Belanda; kotseng kuba (yang berarti 'mobil punggung bongkok')/"pagong" (kura-kura) di Filipina; Garbus (yang berarti 'Bongkok') in Polandia; Brouk di Republik Ceko; Carocha di Portugal; Escarabajo di Spanyol dan Amerika Latin; Hipushit di Israel; Косτенурка (Kostenurka) di Bulgaria (yang berarti kura-kura); عقروقة (Ag-ru-ga) in Iraq; Boble (gelembung) di Norwegia; Buba di Kroasia; Bug di Amerika Serikat, dan tentunya Kodok di Indonesia
Beetle sempat menjadi mobil rakyat saat masa kepemimpinan Adolf Hitler, mobil yang didesain oleh Ferdinand Porsche ini memang berhenti diproduksi pada 2003 di Meksiko. Namun modelnya dilanjutkan kembali oleh sang penerusnya yaitu New Beetle pada 1997. Pada saat itu memang Beetle original masih ada di jalur produksi sehingga suksesornya memag sudah ada sebelum yang orisinil discontinue.
Pada edisi terbaru VW juga masih mempertahankan mesin Beetle 2017 yang berkonfigurasi 4-inline 2.000cc turbocharged dengan output bertenaga 174 hp dan torsi 249Nm.
Suzuki Vitara - Kategori 1
Merupakan bagian dari Suzuki global yang telah terlebih dahulu dipasarkan, model yang masuk Indonesia di kenal dengan 3 varian yaitu Vitara, Sidekirt, dan Escuso. Suzuki Vitara masuk pertama kali di pasar Indonesia pada tahun 1992 dengan mengusung penggerak 4WD serta kaki-kaki yang lebih kuat, sehingga Suzuki Vitara ini tergolong menjadi incaran off-roader. Untuk memperluas segmentasi, suzuki mengeluarkan varian kedua dengan meniadakan penggerak 4WD diganti dengan 2WD dengan alasan menekan harga.
Vitara generasi 1, bodynya masih slim meskipun tetap terlihat berotot di bagian fender
Pada tahun 1993 Suzuki Escudo masuk Indonesia dan langsung menguasai pasar industri otomotif dalam penjualan SUV. Karena mobil ini merupakan SUV yang memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitor pada jamannya. Rupanya, kehadiran Escudo begitu diminati. Sayang, harganya masih terlampau tinggi, sehingga Suzuki Indomobil pun memperkenalkan Sidekick di tahun 1995, bersamaan dengan berhentinya pemasaran Vitara.
Suzuki Sidekick merupakan kasta terendah dari ketiga mobil, sistem penggeraknya sama seperti Escudo. Perbedaan yang dapat dilihat sekilas dari eksterior merupakan adanya stiker 4 warna pada kedua sisi mobil ini. Suzuki Sidekick ini ditujukan bagi pecinta Escudo namun mempunyai budget yang rendah. Dikarenakan untuk memotong harga jual, Sidekick hanya membawa kelengkapan kelas ekonomis saja yang sederhana dan minim fitur serta absennya doortrim.
Sepeninggalan Vitara yang lebih dahulu pensiun, Escudo dan Sidekick terus bertahan dan akhirnya dijual di Indonesia hingga tahun 2001.
Bentuk kap mesin generasi 1 dengan air scope di sisi kanan dan kiri bagian atas dari fender depan.
Grand vitara yang lahir kembali pada tanun 2005 dan mulai dipasarkan di Indonesia pada 2006 seolah membawa kembali aura vitara generasi 1 yang sempat hilang. Ciri khas yang masih terlihat pada garis body yang slim di dominasi strike line bi bagian depan dan atas, namun tetap terlihat kekar di bagian fender dan body samping. Desain head lamp juga tidak jauh berubah dari garis head lamp generasi 1, kap mesinnya benar benar didesain menyerupai generasi 1 dengan ciri khas air scope pada sisi kanan dan kiri di bagian atas fender depan. Tidak hanya itu, layout kaca samping dan penempatan ban cadangan juga masih mengikuti proporsi vitara generasi 1.
Mitsubishi Delica Generasi 2 (L300) - Kategori 2
Bisa jadi Delica generasi 2 ini adalah mobil paling legend di Indonesia.
Opsi penggerak empat roda tersedia pada tahun 1982, yang pertama di pasar van Jepang. Mesinnya semuanya empat silinder yang terkenal dari mobil penumpang MMC dan termasuk mesin 1.499 cc, 80 PS (59 kW) Saturnus (4G33), dan mesin Saturnus 1,6 liter (4G32). Versi Sirius (4G62) 1,8 liter yang menghasilkan 100 PS (74 kW) muncul pada Mei 1980, dan versi bensin Sirius (4G63B) 2,0 liter menjadi opsional dalam versi 4WD mulai November 1983. [12] Astron 2,3 liter (4D55) diesel muncul pada Oktober 1982 dan digantikan oleh Astron 2,5 liter yang lebih besar (4D56) pada tahun 1986.
Edisi terakhir hanya tersedia versi pick up bermesin diesel.
Bodynya tidak berubah sampai saat ini, umurnya sudah genap 40 tahun sejak pertama kali di produksi di Jepang pada tahun 1979. Selama kiprahnya di tanah air, tecatat hanya ada perubahan dari bentuk grill, dan frame lampu head lamp. Sektor lain tidak ada perubahan, bahkan bentuk dashboard dan steering wheel masih dipertahankan selama 40 tahun.
Mitsubishi Delica generasi 6
Ada yang aneh dengan market Indonesia yang tetap bertahan dengan generasi 2, meskipun di pasar global Delica sudah memasuki generasi 5 pada tahun 2007 dan sudah di face lift pad awal tahun 2019. Bahkan saat ini sudah beredar desain Delica generasi 6 yang sudah banyak dirilist beberapa media otomotif tanah air.