Sabtu, 17 Juni 2017

Jeep adalah saksi Sejarah

Jeep adalah brand yang legendaris dan mendunia sekaligus saksi sejarah


Di Indonesia ketika kita menyebut Jip sudah identik dengan SUV. Bukan sekedar sebutan atau bahkan sudah menjadi paradigma yang berlaku umum, bahkan di BPKB terdapat pilihan Jeep untuk menerangkan sebuah type SUV. Seperti hanya Odol yang awalnya adalah sebuah brand pasta gini dan hingga kini odol sering disebut orang sebagai penganti kata pasta gigi. Seperti Sanyo sebagai kata ganti pompa air, dan Rinso sebagai kata ganti deterjen, dll.



Jeep sendiri adalah hasil penyebutan kata dari GP yang awalnya sebuah singkatan GPV (General Purpose Vehicles) yang jaman sekarang lebih dikenal dengan sebutan SUV (Sport Utility Vehicles).

Jeep adala hsebuah brand yang mendunia, sebuah brang yang menjadi saksi sejarah. Karena awalnya (Tahun 1940) Jeep diproduksi hanya untuk keperluan perang sebagai kendaraan tentara penganti kuda.

Mobil Jeep pertama adalah produksi American Bantam dengan Type Bantam BRC. Diproduksi atas pesanan dari Tentara Amreika untuk kebutuhan perang. Karena sebagai kendaraan perang makan syaratnya mobil Jeep harus kuat diajak off road, wheel base pendek, dimensi kecil agar lincah dan tahan terhadap segala kondisi medan. Tetapi karena pada waktu itu American Bantam dianggap tidak mampu memenuhi quota awal sebesar 4.500 unit produksi maka akhirnya produksi mobil dengan basic chasis Bantam diproduksi juga oleh  Willys Overland dan Ford yang masing masing diminta untuk memproduksi 1.500 unit untuk Tentara Amerika.

Bantam BRC40

Willys MA

Ford GP

Bantam BRC40, Willys MA, Ford GP semua dari bassic chasis American Bantam namun disain bodynya agak berbeda sesuai dengan disainer pabrikan masing masing. Namun setelah diuji di medan perang yang paling disukai oleh Tentara Amerika adalah Willys karena mesinya yang tangguh dan mampu menjawab kebutuhan perang di kala itu.

Willys MB

Disain inilah yang paling disukai dan akhirnya dipatenkan oleh Willys Overland dan diproduksi dalam jumlah banyak untuk Tentara Amreika. Dan pada disain ini Ford juga kebagian tender untuk membuat yang sama persis seperti Willys MB dan diberi nama Ford GPW

Ford GPW

Bentuk grill legendaris Jeep pada awalnya diciptakan oleh Ford dengan bentuk lubang berjajar berjumlah 9. Namum kemudian dipatenkan oleh Willys dengan bentuk yang sama tetapi hanya 7 lubang.

Pada tahun 1945 pada saat Indonesia Merdeka diawali sebuah produksi masal sebuah Jeep yang kini dikenal dengan sebutan CJ singkatan dari Civilian Jeep. Ini adalah Jeep untuk rakyat umum pertama yang diproduksi dengan tetap menggunakan chasis seperti Military Jeep. Varian CJ yang paling terkenal sampai saat ini adalah CJ7 yang menjadi awal popularitas Jeep sebagai SUV legendaris. CJ7 pada masanya adalah sebuah lambang dari SUV sejati.

Pada tahun 1953 Perusahaan Willys Overland dijual ke Kaiser Motor milik Henry J Kaises. CJ7 dan beberapa generasi CJ lainnya adalah sebuah mobil yang lahir dari Kaiser Motor. Pada tahun 1970 Kaiser menjual perusahaanya yang sudah berubah nama menjadi Kaiser Jeep Corp kepada American Motor Corp [AMC] yang akhirnya AMC dibeli oleh Chrysler.

Pada tahun 1986 diproduksi Jeep Wrangler sebagai penerus CJ7. Seperti umumnya mobil pertengahan 80an disain lampu kotakpun diterapkan pada Jeep macho ini. Mungkin pada tahun itu disain lampu kotak lagi hit sehingga tidak disebut keren mobil jika lampunya belum kotak. Tetapi menurut pandangan mata saya lampu kotak di grill Jeep keturunan CJ agak terligat aneh (Semoga pendapat saya salah). Tetapi memang benar pada tahun 1996 muncul model terbari berseri TJ dengan fokus utama melengserkan lampu kotak dan diganti menjadi lampu bulat sampai dengan generasi Rubicon yang sekarang.

Jeep CJ7
  
Jeep Wrangler

Jeep TJ

Walaupun sebagian orang berpendapat bahwa disin TJ adalah yang paling indah, namun saya berbeda. Menurut saya disain paling keren adalah generasi JK. TJ mungkin keren tapi keren pada jamannya, dan untuk saat ini menurut saya yang paling keran adalah JK dengan long wheel base membuatnya jadi lebih berwibawa. Sepeti awalnya Jeep jenis ini diproduksi untuk keperluan perang, JK yang sekarang juga banyak digunakan dikalangan Militer Indonesia sebagai kendaraan dinas.

Jeep JK atau lebih populer disebut RUBICON

Demikian tentang sejarah brang mobil paling poluler bernama Jeep atau orang Indonesia biasa menyebutnya Jip. Saking polulernya sampai sampai SUV merk lain juga disebut Jip.


 Entah ini menurut pendapat pribadi atau pendapat unum, Jeep dengan disain paling cantik adalah generasi JK.

Mini SUV yang satu ini juga keren, tapi ini bukan Jeep. Mungkin di Indonesia ini sudah biasa disebut Jip tapi tetap bukan Jeep. Karena mobil ini adalah Jipny yang dulu pernah poluler sebagai kendaraan Compact All Terain Off Roaad pada masanya. Seiring berubahnya jaman sekarang ini Jipny, maksud saya Jimny SJ410 sudah masuk dalam kategory mobil classic yang kembali populer karena banyak diincar para kolektor.

Jimny SJ410 dengan gril custom 7 lubang dan lampu bundar tetapi ini bukan Jeep.

Jeep tetap yang paling populer di kalangan mobil SUV. Terutama untuk jenis MPV berkonde, Jeep seperti sudah melekat dibenak orang Indonesia sebagai SUV. Gril 7 lubang yang dulu pernah dipatenkan oleh Willys kini banyak menjadi acuan modifikasi grill custom untuk menjadikan SUV terlihat lebih maskulin
Daihatsu Taft 82 terlihat maskulin dengan gril custom 7 lubang dan lampu bundar. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar